“Salesman”


Di suatu hari yang cerah Ponikem istri Karto tengah duduk di ruang tamu. Tiba-tiba pintu ada yang mengetuk. Seorang salesman penghisap debu muncul, sambil meminta maaf  langsung menaburkan sampah ke karpet.
“Nyonya,” katanya, “Saya mau memperlihakan kemampuan mesin penghisap debu ini. Karpet yang penuh dengan sampah ini akan bersih kembali dengan sekejap. Saya jamin, jika tidak terbukti bisa membersihkan semua sampah ini, saya bersedia memakan semua sampah ini.”
Kemudian salesman pun memasang kabel mesin ke stop kontak.kemudian menyalakan mesin,tetapi mesin tidak mau menyala juga. Akhirnya istri Karto pun berbicara, “Mas, listriknya lagi mati. Jadi tidak mungkin mesin penyedot debunya mau menyala. Sekarang sesuai janjinya, mas harus makan semua sampah ini.”
Saleman pun berkata, “Hah, kenapa Ibu tidak bilang kalau listriknya mati.” Istri Karto menjawab, “Hahaha… mas tidak mau Tanya dulu, tapi malah langsung buang kotoran di karpet. Dimakan sampai bersih ya semua sampahnya.” Salesman pun menangis dengan keringat dingin.